Visi dan Misi
- by admin
VISI DAN MISI
1. Visi
Visi SMA Negeri 1 TahunaMembentuk pribadi yang CERDAS, KREATIF, BERWAWASAN DUNIA USAHA, dengan SISTEM PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN dan BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK
INDIKATOR VISI
CERDAS
Cerdas spiritual : Kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antarsesama manusia, makhluk lain , dan alam sekitar berdasarkan keyakinan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa.
- Mengembangkan kecerdasan spiritual (faith) peserta didik dalam interaksi di sekolah yang berdampak di lingkungan keluarga, dan masyarakat.
-
- Percaya/mengimani TUHAN yang disembah
- Aktif dalam semua kegiatan keagamaan sesuai keyakinan
- Mampu mengucapkan doa (berdoa) membuka dan menutup pelajaran
- Mengaplikasikan kasih TUHAN dengan menghargai diri dan keluarga
- Mengaplikasikan kasih TUHAN dengan menghormati teman, pegawai, guru, pimpinan sekolah, tamu sekolah, serta sesama manusia
- Mengaplikasikan kasih TUHAN dengan memelihara, membudidayakan, dan melestarikan alam serta mahkluk hidup lainnya sebagai sesama ciptaan TUHAN
- Mengaplikasikan kasih TUHAN dengan membantu para lansia, anak yatim-piatu, janda dan duda yang membutuhkan pertolongan
- Tanggap dan peduli dengan derita teman dan sesama di lingkungannya
- Tanggap dan peduli pada masyarakat yang mengalami bencana
Cerdas emosional : Kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antarsesama manusia,
- Mengembangkan kecerdasan emosional (santun) yang bertumpuh pada kearifan lokal (tengkang)
- Mampu memberi salam ketika bertemu/berpapasan dengan orang lain (teman, pegawai, guru, tamu, dll., termasuk yang lebih muda) (pembiasaan)
- Mampu menghargai pendapat orang lain dengan mendengar setiap pendapat teman/orang lain (termasuk yang lebih muda) dan menyampaikan tanggapan dengan memperhatikan kesantunan berbicara, kelogisan alasan, serta efektivitas kalimat yang disampaikan
- Mampu tahan menghadapi cobaan, tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati dalam menghadapi persoalan
- Mampu bersikap hormat dan taksim melalui tingkah laku, tutur kata, pemikiran, dan pakaian (busana) di lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah, dalam konteks dan situasi apapun.
- Mampu membantu meringankan beban penderitaan atau kesukaran teman, orang lain; membantu teman untuk mampu melakukan sesuatu; dan/atau meringankan penderitaan, menyembuhkan dari penyakit, dan melepaskan dari keadaan bahaya.
- Mampu bertanggung jawab terhadap diri sendiri dengan tepat waktu memasukkan tugas/PR
- Mampu bertanggung jawab terhadap orang tua dengan melaksanakan kewajiban sebagai siswa dengan baik.
- Mampu bertanggung jawab terhadap alam ciptaan Tuhan dengan tidak membuang sampah sembarangan, membuang sampah sesuai tempatnya, tidak menyakiti hewan dan tumbuhan ciptaan Tuhan, memelihara dan menata kelangsungan hidup tumbuhan di taman sekolah
- Mampu bertanggung jawab terhadap sekolah dengan memelihara semua fasilitas dan sarana-prasarana yang disiapkan sekolah
- Mampu berkata jujur berdasarkan kenyataan yang terjadi baik kepada teman, orangtua, guru, dan orang lain.
- Mampu berperilaku jujur terhadap teman dan guru di kelas, terhadap orang tua di rumah, dan terhadap siapa saja di masyarakat
Cerdas intelektual : kecerdasan yang menuntut pemberdayaan otak, hati, jasmani, dan pengaktifan manusia untuk berinteraksi secara fungsional dengan yang lain
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis (chritical thinking) peserta didik melalui menanggapi dan menjawab, opini dan telaah kritis, serta implementasi materi dalam produk nyata.
- Mampu merespon/menanggapi materi pembelajaran yang baru diajarkan dengan bertanya dan berkomentar
- Mampu menjawab pertanyaan teman dengan tepat dan benar tentang materi yang baru diajarkan
- Mampu menulis opini tentang materi yang diajarkan dan/atau hal menarik berkaitan dengan materi
- Mampu menulis tanggapan kritis tentang materi yang baru diajarkan dikaitkan dengan fenomena yang tampak
- Mampu mewujudkan produk dari imlementasi materi pelajaran yang baru diajarkan
- Mengembangkan kemampuan mengaplikasikan konsep (concept application) dalam kegiatan nyata di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.
-
- Mampu menguasai konsep dan materi pembelajaran sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.
- Mampu mengaplikasikan konsep dan materi pembelajaran dalam kegiatan nyata di sekolah, di rumah, dan di masyarakat
- Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan dengan bahasa Inggris yang baik dan benar
- Mampu mengoperasikan komputer mikrosof word, ecxel, power point, dan mengakses internet dengan baik
- Mampu menulis karya tulis ilmiah (makalah, laporan hasil penelitian)
- Mampu membimbing turis manca negara untuk menikmati objek wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe.
- Memiliki kebugaran tubuh yang memadai menunjang kegiatan keseharian di sekolah dan di masyarakat serta memenuhi tuntutan prasyarat pada lowongan pekerjaan dan atau jenjang pendidikan selanjutnya..
KREATIF
- Memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk mencipta
-
- Mengembangkan kemampuan mencipta suatu produk berdasarkan eksplorasi dari konsep/materi pembelajaran yang dikaitkan dengan nilai ekonomi, kebutuhan, dan tuntutan zaman
- Mengembangkan kemampuan mendesain suatu produk berdasarkan materi/konsep yang dipelajari.
- Mengembangkan kemampuan menemukan fungsi dan manfaat dari produk yang akan diciptakan.
- Mengembangkan kemampuan memublikasi produk yang baru diciptakan.
- BERWAWASAN DUNIA USAHA (ENTREPENEUR SHIPP)
Mengembangkan wawasan dunia usaha melalui pemanfaatan potensi lingkungan sekitar
-
- Mampu menentukan pesan yang hendak disampaikan lewat karya dari KD yang dibelajarkan
- Mampu mendesain sebuah karya yang bisa mendukung pesan yang hendak disampaikan
- Mampu menciptakan karya yang dapat menjelaskan substansi konsep atau KD yang dibelajarkan (environment sustainability).
- Mampu menciptakan/menghadirkan produk yang bernilai ekonomi dari setiap KD yang dibelajarkan
- Memiliki cara pandang dunia usaha dalam memanfaatkan lingkungan yang ada disekitar kehidupan peserta didik
- PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN (FUN LEARNING)
Mengembangkan sistem pembelajaran yang menyenangkan dalam semua kegiatan pembelajaran, di kelas, lab, lap olahraga, dan di masyarakat.
-
- Mampu mengimplementasikan metode/model pembelajaran: inquiri; problem basic learning; group investigation
- Mampu menciptakan hubungan “orang tua dengan anak” bagi interaksi pendidik dengan peserta didik dalam setiap pembelajaran agar peserta didik betah
- Mampu menyeting (menciptakan) suasana pembelajaran yang menyenangkan peserta didik sesuai dengan KD yang dibelajarkan
- Mampu menyampaikan motivasi dengan menjelaskan terlebih dahulu apa manfaat dari pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kehidupan siswa sehari-hari (indiktor pengembangan), implementasi Quatum Teaching: AMBaK.
- Mampu mengintegrasikan sumber belajar dari alam sekitar (alam takambang) dalam setiap KD/Indikator/materi yang diajarkan
- Mampu menggunakan media dan sumber belajar berbasis TIK dalam pembelajaran sesuai dengan KD yang dibelajarkan
- BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK
Mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
-
- Mampu melayani peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajarnya
- Mampu mengelola pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengkonstruk pengetahuannya (constructivism learning)
- Mampu menyiapkan sumber belajar yang tepat (apa yang tersedia dan dapat diharapkan serta variatif) dan dekat dengan kehidupan peserta didik agar peserta didik dapat mengembangkan kompetensinya sendiri.
- Mampu menilai dengan tepat hasil belajar/Pengembangan kompetensi peserta didik, baik pada proses, kinerja, maupun produk/hasil (authentic assesment).
2. MISI
Misi SMA Negeri 1 Tahuna adalah:
-
- Mengembangkan keyakinan semua warga sekolah sesuai agamanya bahwa pribadi yang bersyukur dapat membuat hidup bermakna
- Mengembangkan kecerdasan spiritual (faith) dalam interaksi belajar–mengajar yang berdampak ke lingkungan keluarga dan masyarakat
- Mengembangkan kecerdasan emosional (santun) yang bertumbuh pada kearifan local tengkangdalam interaksi belajar-mengajar dan interaksi dengan sesame makhluk ciptaan Tuhan
- Mengembangkan kecerdasan intelektual melalui berpikir kritis (critical thinking) menanggapi dan menjawab permasalahan, mengemukakan opini dan telaah kritis, serta mengimplementasikan materi pembelajaran dalam produk nyata
- Mengembangkan kemampuan mengaplikasikan konsep materi (concept application) dalam kegiatan nyata di sekolah, di rumah, dan di masyarakat
- Mengembangkan kemampuan menciptakan suatu produk berdasarkan eksplorasi konsep/materi dengan memperhatikan nilai ekonomi, kebutuhan, dan tuntutan zaman
- Mengembangkan wawasan dunia usaha melalui pemanfaatan potensi lingkungan sekitar sekolah, tempat tinggal, dan lingkungan masyarakat
- Mengembangkan system pembelajaran yang menyenangkan d semua kegiatan belajar mengajar di kelas, di lab, di lapangan olahraga, dan di masyarakat
- Mengembangkan pelayanan ke peserta didik sesuai kebutuhan dan gaya belajarnya.